05 February 2018


SAMBUTLAH HARIMU DENGAN ILMU
DENGAN ILMU HIDUP AKAN LEBIH BERARTI

Pengertian ilmu adalah seluruh usaha sadar untuk menyelidiki, menemukan, dan meningkatkan pemahaman manusia dari berbagai segi kenyataan dalam alam manusia. Segi-segi ini dibatasi agar dihasilkan rumusan-rumusan yang pasti. Ilmu memberikan kepastian dengan membatasi lingkup pandangannya, dan kepastian ilmu-ilmu diperoleh dari keterbatasannya. 

Berikut ini adalah pengertian ilmu menurut para ahli :

1. PENGERTIAN ILMU MENURUT MINTO RAHAYU 
Ilmu adalah pengetahuan yang telah disusun secara sistematis dan berlaku umum, sedangkan pengetahuan adalah pengalaman bersifat pribadi/kelompok dan belum disusun secara sistematis karena belum dicoba dan diuji. 

2. PENGERTIAN ILMU MENURUT POPPER
Ilmu adalah tetap dalam keseluruhan dan hanya mungkin direorganisasi.

3. PENGERTI ILMU MENURUT 
DR. H.M GADE
Ilmu adalah falsafah, yaitu hasil pemikiran tentang batas-batas kemungkinan pengetahuan manusia.

PENGERTIAN ILMU MENURUT M.IZUDDIN TAUFIQ
Ilmu adalah penelusuran data atau informasi melalui pengamatan, pengkajian dan eksperimen, dengan tujuan menetapkan hakikat, landasan dasar ataupun asal usulnya.

5. PENGERTIAN ILMU MENURUT THOMAS KHUN
Ilmu adalah himpunan aktivitas yang menghasilkan banyak penemuan, baik dalam bentuk penolakan maupun pengembangannya.

6. PENGERTIAN ILMU MENURUT Dr.MAURICE BUCAILLE
Ilmu adalah kunci untuk mengungkapkan segala hal, baik dalam jangka waktu yang lama maupun sebentar.

7. PENGERTIAN ILMU MENURUT NS.ASMADI
Ilmu merupakan sekumpulan pengetahuan yang padat dan proses mengetahui melalui penyelidikan yang siatematis dan terkendali (metode ilmiah)

8. PENGERTIAN ILMU MENURUT POESPORODJO
pengertian ilmu adalah proses perbaikan diri secara berkesinambungan yang meliputi perkembangan teori dan uji empiris.

9.PENGERTIAN ILMU MENURUT FRANCIS BACON
Ilmu adalah satu-satunya pengetahuan yang valid dan hanya fakta-fakta yang dapat mrnjadi objek pengetahuan.

Menurut bahasa, arti kata ilmu berasal dari bahasa arab (ilm), bahasa latin (science) yang berarti tahu atau mengetahui atau memahami. Sedangkan menurut istilah, ilmu adalah pengetahuan sistematis atau ilmiah. Perbedaan ilmu dan pengetahuan yaitu : secara umum, pengertian ilmu merupakan kumpulan proses kegiatan terhadap suatu kondisi dengan menggunakan berbagai cara, alat, prosedur dan metode ilmiah lainnya guna menghasilkan pengetahuan ilmiah yang analisis, objektif, empiris, sistematis dan verifikatif. Sedangkan pengetahuan (knowledge) merupakan kumpulan fakta yang meliputi bahan dasar dari suatu ilmu, sehingga pengetahuan belum bisa disebut sebagai ilmu, tetapi ilmu pasti merupakan pengetahuan. Menurut kamus besar bahasa Indonesia, pengertian ilmu diartikan sebagai pengetahuan tentang suatu bidang yang disusun secara sistematis menurut metode ilmiah tertentu yang dapat digunakan untuk menerangkan kondisi tertentu dalam bidang pengetahuan. Sedanfkan Wikipedia Indonesia, pengertian ilmu adalah seluruh usaha sadar untuk menemukan, menyrlidiki daneningkatkan pemahaman manusia dari berbagai bentuk kenyataan dalam alam manusia.

Dari semua pendapat tentang pengertian ilmu di atas kita dapat menyimpulkan bahwa ilmu bukan sekedar pengetahuan (knowledge), tetapi merangkum sekumpulan pengetahuan berdasarkan teori-teori yang disepakati dan dapat secara siatematis diuji dengan seperangkat metode yang diakui dalam bidang ilmu tertentu. 

Lalu apa itu ilmu ? 
Ilmu adalah pengetahuan yang sudah dikelompokkan, disistematisasi, dan diinterprestasikan sehingga menghasilkan suatu kebenaran objektif serta sudah diuji kebenarannya secara ilmiah. Menurut Kamus Bahasa Indonesia, ilmu adalah pengetahuan tentang suatu bidang yang disusun secara bersistem menurut metode tertentu yang dapat digunakan untukenerangkan gejala tertentu di bidang (pengetahuan) itu. Sedangkan dalam kamus Webster disebutkan bahwa ilmu adalah penelusuran data atau informasi melalui pengamatan, pengkajian, dan eksperimen, dengan tujuan menetapkan hakikat, landasan dasar ataupun asal usulnya.

4 (EMPAT) TINGKATAN-TINGKATAN ILMU (MENURUT ALIRAN KEJAWEN)

1) Syariat, artinya pedoman yang sudah ditentukan harus patuh. Jadi ahli syariat itu harus patuh keyakinannya (apa katanya). Amalannya menurut halal haram, yang diyakini betul-betul dan hukum membedakan halal dan haram, peraturannya, sembahyang, zakat, puasa dan naik haji kalau mampu. 

2) Tarekat, meningkat mencapai kebatinan, melaksanakan puasa, mengendalikan pikiran. Jadi tarekat itu melaksanakan berdasar pengetahuan pengendalian pikiran (mengasah pikiran), membaca buku-buku agama, wirid, berguru, bertanya, dan musyawarah tentang ilmu Allah.

3) Hakikat, yang disebut hidayat jati, hakikat itu sholat sejati yang tidak merasa geraknya aku (jasmani, pikiran, perasaan sudah disingkirkan/dikendalikan), jadi gerak aku tidak merasakan aku. Hakikat itu imannya para mukmin (aulia), imannya disebut haqul yakin artinya nyata. 

4) Makrifat, tingkatan itu tingkatan para arifin yang disebut Isbatul yakin, artinya sudah sempurna yang artinya sudah ketemu orangnya, sudah salaman, dan berbicara langsung. Keterangannya sudah makrifat aemua ilmu, pengetahuan, ibadah, filsafat dan lain-lainnya, sudah menjadi satu, sudah mengetahui sebab dan akibat. 






No comments:

Post a Comment