Full width home advertisement

Travel the world

Climb the mountains

Post Page Advertisement [Top]

APAKAH HANTU ITU ?



Kita sering mendengar "anak kecil takut sama hantu". Tapi bukan itu saja, orang dewasapun banyak yang takut sama hantu, mengapa ?

Rata-rata hantu yang sering didengungkan itu menakutkan karena mereka pada umumnya menampakkan diri dalam bentuk atau wujud yang menyeramkan. Bagaimana tidak takut, mereka muncul di tempat yang sepi lagi gelap dan dengan rupa yang tidak lazim.

Tapi ngomong-ngomong apa sih yang dimaksud dengan hantu ? dan apa yang menyebabkan hantu bisa memperlihatkan atau menampakkan diri ?

Hantu adalah makhluk tanpa fisik, biasanya disebut makhluk halus atau setan, yang dapat dilihat oleh orang-orang peka terhadap kondisi tertentu.

Teori modern dan pendapat mengenai pertanyaan ini, telah banyak berubah dalam waktu tiga puluh atau empat puluh tahun terakhir ini. Bila seorang ilmuwan biasa ditanya mengenai persoalan tersebut di waktu lalu, ia mungkin akan menjawab bahwa hantu merupakan halusinasi oleh batin atau pikiran yang sakit, bahwa hantu yang tidak ada dalam kenyataan di luar khayalan orang yang melihatnya. Tapi pendapat itu telah banyak berubah di tahun-tahun belakangan ini, dan orang sekarang mengakui bahwa "hantu" itu jauh lebih rumit dari pendapat di atas.

Pertama ketika Society for psichical Research mulai penelitiannya di tahun 1882, ditemukan bahwa sebagian besar kasus hantu terjadi pada sekitar waktu kematian manusia. Ada yang terjadi sebelumnya, ada yang terjadi sesudahnya, tapi kebanyakan terjadi sekitar waktu itu. Selanjutnya, orang-orang melihat hantu bukanlah orang yang sakit atau orang yang suka berkhayal. Dan mungkin tidak pernah mengalami hal seperti ini sebelum atau sesudahnya.

Tentu saja timbul pertanyaan "apa sebabnya ada hubungan ini ? Hubungan apakah yang mempertalikan orang yang meninggal dengan hanya yang tampak ?" Mungkin ada benarnya, seperti yang dikatakan orang, bahwa hubungan itu disebabkan oleh kebetulan bahwa sebenarnya tidak ada hubungan sama sekali. Namun, hal ini dibantu oleh laporan Society For Psychial Research yang merupakan hasil dari karya bertahun-tahun.

Penelitian tersebut berhasil mendapatkan jawaban dari sekitar 30.000 orang, dan setelah dihitung persentase kemungkinan kejadian secara kebetulan, telah ditemukan bahwa jumlah "kejadian kebetulan" itu ratusan kali lebih banyak daripada yang dapat ditimbulkan oleh faktor kebetulan.

Dari jaman ke jaman pengetahuan mengenai hantu semakin berkembang. Hantu semakin bisa dideteksi dengan peralatan yang modern. Berbagai teori fisika mampu menjelaskan tentang keberadaan mereka. Lalu apakah hantu itu sendiri mengikuti perkembangan jaman now seperti kita ?

Orang eropa menyebut hantu dengan sebutan makhluk astral (tak kasat mata). Orang muslim menyebut hantu dengan sebutan jin. Lalu apakah ada perbedaan dari keduanya ? Tidak. Keduanya banyak memiliki kesamaan tentang materi hantu. Mereka mengakui bahwa hantu adalah makhluk dari sekumpulan energi yang mampu dirasakan dan dideteksi.

Kalau ada orang awam mampu melihat hantu, itu mungkin hanya kebetulan yaitu adanya persamaan frekwensi entah orang itu sedang melamun atau sedang setengah tidur / mengantuk berat sehingga tanpa disadari hantu itu bisa terlihat.

Di dalam akhidah islam istilah ghaib mencakup banyak hal. Seperti kematian, rezeki, jodoh, hari kiamat, surga dll. Beriman kepada hal ghaib adalah salah satu ciri muslim yang bertakwa. Seperti di dalamnya makhluk ghaib yaitu jin dan malaikat. Di dalam keyakinan islam dinyatakan bahwa makhluk seperti jin dan malaikat sudah diciptakan sebelum dunia/bumi. Akan tetapi karena sifatnya yang merusak, sebagian besar golongan jin dan iblis itu dimusnahkan oleh malaikat. Kemudian Allah menciptakan manusia untuk menjadi khalifah. Pada saat penciptaan manusia jin dan iblis meminta kepada Allah untuk bisa menggoda manusia sampai hari kiamat tiba.

Di sinilah peran penting makhluk astral/makhluk ghaib dalam menggoda manusia yaitu berupa penampakan dengan wujud yang tidak lazim atau menakutkan. Oleh karena itu banyak orang yang menyebut makhluk astral adalah hantu.

Karakteristik makhluk ghaib adalah :
1. Malaikat diciptakan sebelum jin dan jin diciptakan sebelum manusia.
2. Malaikat diciptakan dari cahaya dan jin diciptakan dari api.
3. Malaikat, jin dan manusia sama-sama makhluk berakal yang memiliki tingkatan, kedudukan ilmu amalan yang berbeda-beda.
4. Malaikat tidak memiliki syahwat dan tidak berjenis kelamin sedangkan jin dan manusia memiliki syahwat dan kelamin.
5. Malaikat memiliki kekuatan yang jauh di atas jin dan jin memiliki kekuatan yang jauh dari manusia.
6. Malaikat lebih utama dari sisi penciptaan, bentuk, perbuatan maupun keadaan.
7. Populasi malaikat jauh lebih bantak dari jin.
8. Malaikat diciptakan dengan tabiat yang selalu taat. sedang jin diciptakan ada yang taat dan ada yang membangkang.

No comments:

Post a Comment

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib