Full width home advertisement

Travel the world

Climb the mountains

Post Page Advertisement [Top]

PENYAKIT-PENYAKIT DARAH DAN ALAT PEREDARAN DARAH

Mimisan atau hidung berdarah

1. SKORBUT

Tanda-tandanya :
Gusi menjadi lunak, berwarna kebiru-biruan, terasa  sakit dan mudah mengeluarkan darah serta bau mulut tak sedap, Juga terasa ngilu dan sakit menyentak dalam sendi-sendi dan pada tulang-tulang.

Darah keluar dari hidung dan mulut; terkadang kencing berwarna merah, karena mengandung darah. Penyakit ini disebabkan kekurangan Vitamin C.

Pengobatan :
1. Hendaknya si sakit selalu mendapat hawa segar dan bersih. mandi tidak boleh dengan air dingin, harus dengan air hangat.

2. Si sakit harus mengutamakan makanan yang banyak mrngandung vitamin C, yakni :
a) Buah-buahan, terutama jeruk manis nipis dan tomat.
b) Sayur-mayur mentah, terutama kobis, selada, kecambah, seledri, kacang, lobak dan sebagainya.
c) Susu murni (bukan susu kaleng) dan teh hijau (teh buatan kampung)

Vitamin C itu mudah lenyhap (hilang), jika bahan makanan yang mengandung-nya dimasak, dijemur atau diasinkan.

3. Apabila ada darah keluar, si penderita segera berbaring di tempat tidur. Dan obatnya sebagai berikut : bonggol pisang sebesar 2 tapak tangan diparut dan diperas; air perasan itu diminum sekaligus (sampai halus)

Lakukan yang demikian itu 2 kali dalam sehari. Boleh juga si sakit diberi makan bubur agar-agar yang agak cair, berapa saja ia suka (tidak terbatas).

4. Jika darah keluar banyak sekali, si sakit harus segera dimintakan pertolongan kepada dokter.

5. Sebagai minuman sehari-hari, berilah si penderita air perasan jeruk nipis tanpa gula (sebuah jeruk nipis untuk segelas air) atau  : buah belimbing wuluh (15  buah), air ( 2 gelas). direbus hingga airnya tersisa tinggal separo. Air rebusan itu cukup untuk diminum dalam sehari.

6. Apabila ada luka dalam mulut, maka si sakit harus berkumur dengan ramuan berikut :
-  Kulit kayu sono kembang : 1 bagian.
Kulit kayu tersebut diseduh dengan air mendidih 5 bagian, kemudian didiamkan sampai dingin.

2. RADANG JANTUNG

Tanda-tananya :
Rasa sakit dalam dada sebelah kiri (di bawah puting susu). Debar jantung adakalanya bertambah keras dan ada kalanya bertambah lemah sedangkan denyut urat nadi lebih cepat dari biasanya.Mudah sesak nafas, kaki dan tangan dingin, muka pucat, bibir kebiru-biruan dan kepala pening. Di samping itu badan terasa lekas penat, apabila sipenderita bekerja dengan agak berat.

Pengobatan :
Pengobatan yang tertera di bawah ini dimaksudkan sebagai bantuan pengobatan sementara saja. Ada baiknya si penderita minta pertolongan kepada dokter.

1. Istirahat dengan berbaring, sebainya dalam kamar yang agak gelap, supaya si sakit dapat tenang. Jika sakitnya agak berat, dia tidak boleh banyak bisara atau menerima tamu.

2. Pada bagian dada yang sakit, diletakkan pundi-pundi karet yang berisi air es. Setiap 3 jam sekali air es itu diganti.untuk mendinginkan dada tersebut, boleh juga dengan sapu tangan yang dicelupkan dalam air es. Mencelupkannya harus diulangi setiap setengah jam sekali (jangan terlampau basah  agar air tidak meleleh).

3. Apabila napas terasa sesak, maka rendamlah kaki dan tangan si sakit dalam air hangat. Lebih baik apabila setiap pagi seluruh badan dibasuh atau diseka dengan air bercampur cuka sedikit.

4. Apabila denyut jantung terlalu lemah tetapi cepat, maka buatkan ramuan ini :
- Daun sembung muda : 1 genggam
- Air : 1 botol limun

Daun sembung direbus hingga airnya tersisa separo, kemudian disaring.
Atau :
- Bunga jeruk nipis : 1 genggam
- Air : 1/2 botol limun

Air direbus dan bunga jeruk nipis diseduh dengannya, lalu didiamkan kuang lebih 1 jam, kemudian disaring. Air seduhan itu diminum 3 kali dengan selang waktu satu jam.

5. Apabila mua si sakit pucat, maka ia harus banyak makan sayuran. Terutama bayam, kangkung dan daun gagan muda. Atau :
- Rampang lempuyang emprit : 2 panjang jari
- Air : 1 botol limun

Lempuyang disayat-sayat dan direbut hingga airnya tersisa separo. Air rebusan tersebut diminum.  Ulangila yang demikian itu 3 hari sekali.

6. Dilarang melakukan gerak badan atau olah raga yang berat. Misalnya berenang atletik, silat, kerap kali naik turun tangga dan sebagainya. Demikian juga mencangkul, menggergaji, dan sebagainya. Juga tidak boleh makan obat yang menyebabkan banyak keluar keringat, Misalnya : aspirin.

7, Dilarang merokok dan meminum minuma keras. Sedapat mungkin jangan minum kopi. Sebaiknya di harus banyak makan buah-buahan.

8. Buang air harus berketentuan waktunya. Jika perlu si penderita diberi obat kastoroli. Keluar kencing perlu juga diperlancar dengan makan lobak atau sawi sebanyak-banyaknya, atau minum rebusan daun meniran.

9. Untuk menentramkan pikiran si sakit, berilah ia minum air seduhan daun gagan atau rebusan daun leng-lengan.

3. DEBAR JANTUNG

Tanda-tandanya :
Jantung berdebar lebih cepat dan keras, rasa badan tidak enak. Keadaan yang demikian itu menambah kecemasan si sakit.

Pengobatan :
a) Letakkan kantong karet berisi air es atau kompres dingin pada dada di bagian tempat jantung.
b) Si penderita dilarang merokok, minum kopi dan minum-minuman keras.
c) Pakailah salah satu ramuan di bawah ini :

1. - Sangket (batang+ daun) : 2 panjang jari
- Air : 1/2 cangkir
- Garam : sedikit
Batang sangket ditumbuk halus, diberi air, biarkan setemngah jam, kemudian diperasannya dibubuhi garam. Air perasan tersebut diminum sekaligus sebelum makan apa-apa, lakukan yang demikian itu 3 kali dalam sehari.

2.  - Air tebu hitam : 30 gram
- Air 1/2 liter
Air direbus hingga mendidih kemudian akar dicencang halus, lalu dimasukkan ke air rebusan tadi. Merebusnya diteruskan kira-kira 10 menit dengan api yang kecil dan usahakan agar air tidak lagi mendidih. Setelah air  rebusan dingin lalu disaring.

Air rebusan itu diminum diminum sekali. lakukan yang demikian itu 2 kali dalam sehari.

3. - Kulit akar maya : 1 genggam
- Air : 1 botol limun

Air direbus hingga mendidih dan diseduhkan pada kulit akar. Setelah didiamkan selama 1/2 jam, lalu air seduhan disaring. Air seduhan itu diminum 3 kali, dengan selang waktu 1 jam.


No comments:

Post a Comment

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib