Full width home advertisement

Travel the world

Climb the mountains

Post Page Advertisement [Top]

CARA MEMILIH BIBIT KEPITING


Bagian tubuh Kepiting

Kepiting bakau memiliki ukuran lebar karapas lebih besar dari pada ukuran panjang tubuhnya dan permukaannya licin. Pada dahi antara sepasang matanya terdapat enam buah duri dan di samping kanan dan kirinya masing-masing terdapat sembilan buah duri.

Kepiting bakau berjenis kelamin jantan ditandai dengan abdomen bagian bawah berbentuk segitiga meruncing, sedangkan pada kepiting bakau betina melebar. Ciri-ciri kepiting bakau yang baik, berat antara 60-150 gram dengan ukuran cangkang antara 10-15 cm. Organ tubuh lengkap dengan dengan warna cangkang kecoklatan dan hijau. Kepiting aktif bergerak.

Kepiting lunak atau soka yang dijadikan bahan baku bisa dari semua spesies dengan ukuran lebar kerapas 5-7 cm. Setelah berganti kulit atau molting atau berganti kulit, ukuran kepiting akan bertambah sekitar 30%. Kepiting yang baik memiliki berat kisaran 0,1 sampai dengan 0,5 ons. Para budidaya kepiting soka ukuran ini dengan nama kepiting "banci". Hal ini didasari pada awal diturunkan sebagai bibir kepiting ini berjenis kelamin jantan dan serelah siap dipanen  berubah menjadi berjenis kelamin betina. Bibit kepiting sebaiknya dipilih yang masih segar dan tifak lembek agar dapat bertahan sampai proses molting. Proses molting biasanya berkisar antara hari ke-10 sampai hari ke-15 sejak pertama penurunan bibit falam datu periode.

Kesehatan dan kesegaran bibit kepiting dangan menentukan tungkat keberhasilan budidaya kepiting. Berikut beberapa tips yang harus diperhatikan saat memilih bibit kepiting yang sehat.

1. Warna cangkang tidak ada kerak berwarna hitam dan tidak terlihat memucat.

2. Pilih kepiting dengan anggota tubuh yang lengkap. Capit kepiting biasanya mudah putus sehingga anggota tubuh menjadi tidak lengkap. Putusnya capit disebabkan oleh kesalahan penangkapan atau kurang nutrisi. Hindari pemilihan bibit kepiting yang tidak memiliki capit.

3. Sentuh bagian matanya. Tangkai mata kepiting yang sehat jika disentuh akan ditarik ke dalam. Dalam keadaan normal tanpa ancaman, bibit kepiting yang sehat dan segar akan mengangkat tangkai matanya.

4. Coba luruskan kaki renang kepiting. bibit kepiting yang sehat akan menarik dan menekuk kaki renangnya jika diluruskan.

Adapun memilih indukan kepiting yang digunakan sebagai kepiting telur sebaiknya memperhatikan beberapa hal berikut :

1. Organ tubuh kepiting induk tidak cacat.
2. Kepiting memiliki berat antara 185-250 gram.
3. Tidak terdapat bercak-bercak di kulit kepiting. Bercak memnunjukkan bahwa kepiting pernah terserang jamur.
4. Lebar karapas 9-10 cm untuk kepiting betina.
5. Ada reaksi cepat saat kaki jalan ditarik dan mata disentuh.

Kesehatan benih merupakan satu di antara faktor yang menunjang keberhasilan dalam usaha penggemukan kepiting. Oleh sebab itu pemilihan dan pengelolaan benih harus benar dan tepat. Kesehatan benih juga bisa dilihat dari kelengkapan kaki-kakinya. Hilangnya capit akan berpengaruh pada kemampuan untuk memegang makanan yang dimakan serta kemampuan sensornya. Walaupun pada akhirnya setelah ganti kulit maka kaki yang baru akan tumbuh tetapi hal ini memerlukan waktu, belum lagi adanya sifat kanibalisme kepiting, sehingga kepiting yang tidak bisa jalan karena sedang ganti kulit sering menjadi mangsa kepiting lainnya. Untuk itu maka harus dipilih benih yang mempunyai kaki masih lengkap. Benih kepiting yang kurang sehat warna kerapas akan kemerah-merahan dan pudar serta pergerakannya lamban.

Bibit kepiting yang gemuk dapat mempercepat proses penggemukan kepiting karena tidak perlu menggemukkan dalam waktu yang lebih lama. Beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menentukan tingkat kegemukan bibit kepiting diantaranya :

1. Kepiting kurus ditandai dengan cangkang yang mengkilap dan bersih. Tonjolan pada capit yang berbentuk seperti gigi terlihat lebih tajam. Sebaliknya kepiting yang gemuk terlihat warna capit yang kusam dan diselimuti alga. Tonjolan pada capit terlihat lebih tumpul.

2. Warna canhkang pada bagian perut kemerahan jika kepiting dalam kondisi gemuk.

3. Pijat bagian cangkang (kepiting betina pijat bagiam samping cangkang punggung dan kepiting jantan pijat bagian samping perut dekat kaki jalan ke dua. Cangkang akan melesak ke dalam jika kepiting dalam kondisi yang kurus.


No comments:

Post a Comment

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib