Full width home advertisement

Travel the world

Climb the mountains

Post Page Advertisement [Top]

PETILASAN SUNAN KALIJAGA, SENDANG KASIHAN

Penampakan Sendang Kasihan

Siapa yang tidak kenal sunan Kalijaga. Konon beliau mempunyai kesaktian karena ritual-ritualnya. Ritual yang paling terkenal adalah ritual bertapa di dalam sungai, oleh karena itu beliau dijuluki Sunan Kalijaga, dari bahasa Jawa yaitu "Kali" yang artinya Sungai dan "Jaga" yang artinya menjaga.

Untuk petilasannya, Sunan Kalijaga sendiri ada di daerah Dusun Kasihan kelurahan Taman Tirto Kecamatan Kasihan di daerah Yogyakarta Propinsi Jawa Tengah. Untuk mencapai lokasi, anda harus menempuh jarak 1,5 km dari pabrik gula Madukismo. Jalan di sana sudah dibenahi oleh pemerintah Yogyakarta sehingga sangat nyaman untuk anda yang suka menggunakan mobil pribadi maupun secara robongan menggunakan bis Pariwisata. arahkan kendaraan anda dari perempatan Kasihan (ring road selatan) lurus ke selatan kurang lebih 1 kilometeran.

Konon, sendang Kasihan ini memiliki keistimewaan karena airnya tidak pernah kering dengan mata air yang begitu bening. Anda bisa mencoba mengamati sendang ini dari timur maka akan tampak gambaran keseluruhan seperti pohon beringin. Akan tetapi jika anda mencoba mengamati dari arah barat maka akan tampak gambaran seperti candi berbentuk kendi. Ada sebuah kisah munculnya mata air ini karena tuah tongkat milik Sunan Kalijaga saat ia dalam pengembaraan tiba di daerah Kasihan.

Saat itu, Sunan Kalijaga membutuhkan air yang bersih, ia pun menancapkan tongkatnya ke atas tanah. Ternyata setelah tongkat itu dicabut, keluarlah sumber mata air yang jernih di dalam sebuah tempat yang agak cekung dan kemudian terkenal denfan nama Sendang Kasihan.

Menurut masyarakat setempat, Sendang Kasihan ini ada kaitan erat dengan cerita Roro Pembayun (putra Panembahan Senopati), sebelum masuk ke wilayah Mangir. Mereka bersama pengiringnya mandi dan mencuci muka di sendang itu. Ternyata konon setelah mabdi di sendang ini memberi dampak bagi kecantikan Roro Pambayun. Airnya membuat wajah dan tubuh tampak lebih muda, bersinar, dan menimbulkan daya pikat yang luar biasa. Maka masyarakat sekitar sering menyebut Sendang Kasihan ini dengan nama sebutan lain Sendang Pengasihan.

Agar air Sendang Kasihan ini lebih berkasiat, anda harus melakukan hal-hal sebagai berikut :

1) Anda bisa membasuh muka dan rasakan hawa gaib di sekitarnya.
2) Saat bermeditasi Pusatkan diri anda pada sang pencipta
3) Cobalah berkomunikasi dengan alam bahwa getaran supranatural ini adalah sebagian kecil dari ciptaan Allah.

Nah, demikian ulasan mengenai petilasan Sendang Kasihan. Bagaimana, anda ingin mencoba mengunjungi petilasan tersebut ? 

Kalau anda ingin mengunjungi petilasan Sendang Kasihan sebaiknya persiapkan mental dan fisik anda. Karena di sana tidak memiliki juru kunci seperti tempat petilasan lainnya. Jadi semuanya anda harus sendiri. Tidak ada yang akan menuntun anda untuk melakukan ritual di Sendang Kasihan.

No comments:

Post a Comment

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib