Full width home advertisement

Travel the world

Climb the mountains

Post Page Advertisement [Top]

CARA MENGEMBANGBIAKAN IKAN GURAMI

Kolam Terpal budidaya Gurami

Bagaimana cara membudidayakan ikan Gurami?
Untuk anda sebagai pemula peternak ikan gurami tidak perlu khawatir. ternyata sistem perkembangbiakan ikan gurami bisa kita buat secara alami asalkan kita buat kondisi kolam seperti di habitat tempat aslinya.
Agak berbeda dengan ikan mas dan tawes yang umumnya berbiak pada permulaan musim penghujan, maka di alam bebas Gurami akan berbiak sepanjang musim kemarau. Pada saat air agak surut dan suhu air agak meningkat mulailah para kawanan gurami beramai ramai memijah secara berpasang pasangan. Walaupun demikian kita tidak perlu khawatir, karena di kolam ikan-ikan yang sudah mencapai matang kelamin terbukti bisa dikawinkan setiap saat.
Mengamati kebiasaan kawin gurami di alam bebas mungkin merupakan hal dan pekerjaan yang menarik. Induk jantan akan membangun sarang yang bahan bakunya dari rumput rumputan dan dahan-dahan kecil pada pinggiran tempat hidupnya yang tersembunyi di antara rumput rumputan dan tanaman air. Sarang pemijahan ini biasanya berdiameter antara 30-38 cm. Sebagaimana layaknya sarang burung, sarang yang dibangun induk Gurami ini mempunyai pintu berdiameter hanya 10 cm.
Sarang pemijahan ikan Gurame
Induk Gurami tidak bodoh untuk melindungi sarang mereka, oleh karena itu mereka memilih tempat yang terlindung. Sekitar 30 cm di bawah permukaan air.
Gurami akan mulai berkembang biak setelah umurnya mencapai 2-3 tahun, saat induk betina telah matang telur dan induk jantan telah mampu menghasilkan sperma. Induk betina akan mengeluarkan telurnya dari dalam perutnya melalui lubang sarang yang kecil ke dalam ijuk, yang kemudian diikuti oleh induk jantan dengan menyemprotkan spermanya. Selama berlangsung pemijahan sarang dijaga oleh induk jantan. Setelah pemijahan selesai maka ganti induk betina yang menjaganya.
Nah mudah bukan cara pembiakan ikan Gurami. Asal anda sabar dan berdoa semua akan menjadi lancar. Banyak Rumah Makan yang mencari ikan Gurami karena rasa dagingnya yang enak. Selamat mencoba, good luck.

No comments:

Post a Comment

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib